Jumat, 14 September 2012

Samsung C3350 "Xcover2"



Desain
Inilah handphone kedua Samsung yang bertajuk 'outdoor,' Samsung C3350 yang juga dijuluki Xcover 2 tidak sembarangan untuk mendapat gelar outdoor, Xcover 2 telah mendapatkan sertifikasi IP67. Dengan sertifikasi ini si handphone telah lulus uji tes ketahanan dari air dan debu. Dengan desain cover yang rapat, Xcover 2 bisa diajak 'menyelam' secara terbatas dalam waktu 30 menit dan kedalaman hingga 1 meter. 

Walau desainnya terbilang agak gemuk, Xcover 2 masih cukup ergonomis dengan dimensi 52,9 x 122,5 x 17,9 mm dan berat 110 gram. Dari segi tampilan, keypad dirancang dari bahan karet yang sedikit keras, ini wajar mengingat material handphone harus berasal dari bahan yang kuat. Kelengkapan yang ada di handphone outdoor ini mencakup tombol volume, port microUSB, dan tak lupa ada bekal lampu senter. Sedangkan pada bodi belakang, terdapat lensa kamera 2 megapixels. Dan untuk memperkuat back cover, pada handphone ini dilengkapi dengan pengunci sistem putar khas gadget outdoor, dengan pola ini dijamin air dan debu tidak akan menerobos komponen penting. 

Samsung C3350 mengusung jenis layar TFT dengan kedalaman 262 ribu warna, resolusinya adalah 240x320 pixels, serta bentang layar 2,2 inchi. Tampilan layar pun masih terlihat jelas saat handphone berada di dalam air. 



Catatan
Mungkin terkait perlindungan pada komponen penting, di Xcover 2 tidak menganut konsep hotswap. 

Fitur
Sebagai handphone outdoor, keberadaan kamera rasanya mutlak, walau hanya dibekali resolusi 2 megapixels, tapi fitur yang ada lumayan diperhitungkan, yakni night mode, zoom, white balance, dan timer. Hasil kameranya terbilang bagus dan tidak pecah. Untuk rekam video, resolusi hanya tersedia 176x144 pixels dengan kecepatan 15 fps. 

Samsung Xcover 2 masuk dalam kelas handphone pemula, dan dukungan akses internet masih sebatas GPRS/EDGE kelas 12. Untuk browsing, disiapkan NetFront browser versi 4.2, sedangkan untuk menyambung aplikasi pihak ketiga, sudah tersedia aplikasi seperti Facebook, Twitter, MySpace, Flickr, dan Picasa. Menikmati chatting pun tak masalah, ada Yahoo Messenger, Windows Live, Gtalk, dan Facebook Chat. 

Mendengarkan musik pun tak jadi soal, telah tersedia pemutar musik dan FM radio. Khusus untuk FM radio ada yang menarik, radio dapat Anda aktifkan tanpa harus mencolokkan headset sebagai antena, karena telah tersedia antena internal. 

Catatan
Lensa kamera tidak dibekali flash, audio port tidak menggunakan standar 3,5mm. 

Kinerja
Kinerja Samsung C3350 Xcover 2 terbilang cukup baik, kodratnya sebagai handphone outdoor dapat dibuktikan dengan baik. Buat Anda yang gemar beraktivitas di alam terbuka, Xcover 2 bisa menjadi gadget yang pas, apalagi Xcover 2 sudah dilengkapi lampu senter. Tidak lupa handphone ini juga menyediakan fasilitas messaging yang lumayan memadai, termasuk akses email. Memang sayangnya tidak ada bekal koneksi 3G, tapi itu rasanya masih wajar dengan harga bandrol yang ditawarkan. 

Samsung Xcover 2 ditenagai baterai Lithium Ion dengan kapasitas 1300mAh. Dari kapasitas tersebut, waktu bicara dapat dicapai hingga 19 jam dan waktu siaga hingga 1000 jam. Meski belum dicoba hingga 1000 jam, tapi baterainya tergolong sangat awet, boleh jadi karena handphone ini tak mengadopsi fitur-fitur 'kelas berat.'

harga di pasaran berkisar Rp. 800-900rb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar