Jumat, 14 September 2012

Sony Ericsson experia active

 

Personalisasi dari smartphone Xperia Sony Ericsson semakin terlihat dari hadirnya Xperia Active yang tidak hanya smart, tapi kuat saat digunakan dalam berbagai situasi ekstrem. Di tengah persaingan ponsel Android yang terkadang terlihat sangat mirip satu dengan yang lainnya, Sony Ericsson berusaha untuk memberikan ponsel dengan fitur dan kemampuan yang berbeda-beda. Tentu ini akan mempermudah pencinta ponsel Sony Ericsson yang setia dalam mengenali line-up smartphone Xperia yang dilengkapi dengan OS Android.

Desain
Sepintas Anda akan melihat Xperia Active memiliki ukuran layar yang cukup mungil dari ponsel Android lainnya. Alasan Sony Ericsson memilih ukuran layar 3 inci untuk Xperia dengan alasan kemudahan dalam mengenggam saat Anda berada dalam situasi yang tak terduga. Meski kecil, teknologi layar Mobile Bravia Engine memungkinkan ponsel ini menggunakan sistem wet-finger tracking yang akan melacak keberadaan sentuhan jari Anda bahkan dalam keadaan basah. Sayangnya, layar LCD dengan resolusi 320x480 Xperia Active agak sulit dilihat saat berada di kondisi outdoor.
Kami menilai desain Active cukup keren dengan warna strip orange dan biru untuk edisi Billabong. Tail tail strap yang terbuat dari besi menyakinkan kami dengan keamanan saat Anda menggunakan ponsel ini dalam berbagai macam olahraga. Sayangnya layar yang cukup mungil agak menyulitkan kami saat melakukan pengetikan pesan atau email.
Proteksi
Awalnya kami sempat menduga bahwa layar yang digunakan Active memakai teknologi dari Gorilla Glas yang memang terbukti sukses di beberapa handset seperti iPhone, Namun ternyata Sony Ericsson memutuskan untuk memakai jasa Dragontail yang merupakan produk pesaing dari Corning. Untuk melindungi debu dan air hingga kedalaman 1 meter, Sony Ericsson menggunakan double back cover dengan setiap sisinya dilapisi karet untuk memaksimalkan proteksi terhadap tekanan air, debu dan goncangan.
Sistem yang diadopsi memang cukup sederhana, namun terbukti ampuh dalam memberikan perlindungan pada komponen penting yang berada di dalam ponsel. Tidak hanya itu saja, Xperia Active juga telah diuji oleh sebuah lembaga militer yang memberinya sertifikat IP67. Sertifikat ini menyatakan bahwa Active telah melewati serangkaan tes mulai guncangan dan tekanan air hingga kedalaman 1 meter.
Meski bukan sebagai lembaga militer, tapi kru Jeruknipis.com menyempatkan diri untuk menguji kekuatan Active saat tercebur ke dalam kolam sedalam setengah meter dalam keadaan telpon aktif, dan hasilnya cukup memuaskan. Setelah kami angkat dari kolam, pembicaraan kami tetap berlangsung tanpa terputus oleh tekanan air. 

User Interface
Bagi Anda yang telah terbiasa menggunakan ponsel Sony Ericsson mungkin tidak akan terlalu kaget dengan tampilan homescreen Xperia Active yang cukup unik ini. Seperti biasa, Setiap layar di homescreen dibekali dengan empat shortcut standar seperti Kontak, Phone, Message dan Apps. Mungkin 3 shortcut pertama memang tidak terlalu berbeda dengan homescreen ponsel lainnya, namun untuk shortcut aplikasi, Active melengkapi Shortcut ini dengan empat aplikasi yang menjadi andalan seperti iMapsfitness, Walkmate, Music dan Android Guide.
Apps
Android memang telah menyediakan berbagai aplikasi olahraga di Market. Namun biasanya untuk mendapatkan versi lengkap dari aplikasi tersebut, Anda harus mengeluarkan sedikit uang lagi. Namun Anda tidak perlu sedih, karena Active telah melengkapi device ini dengan 2 aplikasi olahraga yang cukup simpel seperti walkmate dan iMapFitness yang mampu menghitung kalori dan detak jantung dari berbagai macam olahraga.
Menurut kami, Walkmate bisa menjadi aplikasi favorit yang cukup menarik dan lebih mudah digunakan oleh beragam lapisan masyarakat. Aplikasi ini berfungsi sebagai penghitung langkah yang bekerja melalui sensor gerak yang akan membaca tiap langkah yang Anda lakukan.
Anda pun bisa membuat target langkah yang bisa menjadi memotivasi Anda saat melakukan jogging. Namun aplikasi ini cukup memeras baterai dan Active akan selalu memperingatkan Anda untuk mematikan aplikasi ini saat tidak mendeteksi gerakan dalam jangka waktu tertentu.
Kesimpulan
Tentu saja dengan kemampuan bertahan dalam berbagai situasi, Xperia Active sangat tepat digunakan oleh mereka yang menggemari olahraga. Selain itu, Active juga sangat cocok bagi pengguna yang memiliki sifat ceroboh, yang gemar menjatuhkan ponselnya ke dalam kolam seperti kami. Dua aplikasi yang telah ter-embbed cukup membantu bagi pengguna Android pemula yang kesulitan mencari aplikasi olahraga di market.
(+) Tahan air dan debu
(+) Preinstall aplikasi fitness
(+) Desain keren
(-) Layar mungil dan Kesulitan di outdoor
Spesifikasi:
Jaringan:                       GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
                                        3G HSDPA 1900 / 2100 / 800
OS                                  Android OS, v2.3 (Gingerbread), planned upgrade to v4.0
CPU                               Qualcomm MSM8255 Snapdragon 1 GHz processor
Sound                           Sony xLOUD enhancement
Display:                        LED-backlit LCD, capacitive touchscreen, 16M colors
                                       320 x 480 pixels, 3.0 inches (~192 ppi pixel density)
Camera                        5 MP, 2592х1944 pixels, autofocus, LED flash
Dimensi:                      92 x 55 x 16.5 mm
Bobot:                           110.8 g
Baterai                          Li-Ion 1200 mAh

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar